INTIKOM & Huawei Indonesia Perkuat Sinergi Dukung Percepatan Tranformasi Digital di Indonesia

1

PT Intikom Berlian Mustika (INTIKOM) dan Huawei Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat kolaborasinya sebagai penyedia solusi TIK yang komprehensif bagi berbagai sektor industri di tanah air. Penguatan kolaborasi sinergis tersebut ditandai dengan keberadaan INTIKOM sebagai Gold Partner Huawei selama lebih dari lima tahun ini.
“Melalui kolaborasi yang makin kuat, INTIKOM dapat terus mengandalkan teknologi-teknologi terdepan Huawei yang dikembangkan sebagai solusi cerdas dan efektif bagi berbagai sektor dalam mengantisipasi tantangan-tantangan terkini di industri,” ujar Ichsan Adenan, Sales Director INTIKOM. “Penguatan kolaborasi dengan Huawei Indonesia makin relevan dengan situasi industri saat ini yang hampir semua pelakunya tengah membutuhkan solusi tepat untuk mendukung serta mengakselerasi terselenggaranya transformasi digital pada bisnis mereka.”
Ichsan menambahkan, pihaknya selaku penyedia solusi yang didukung oleh tim-tim dengan tingkat pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan pasar, menawarkan berbagai solusi tepat guna yang dikembangkan dari produk-produk ataupun solusi Huawei. Produk dan solusi tersebut antara lain adalah layanan-layanan berbasis teknologi Cloud dan AI, server, storage, jaringan pusat data, hingga layanan konektivitas.
“Berbagai sektor telah mendayagunakan solusi-solusi yang kami kembangkan bersama Huawei Indonesia. Dari sektor pemerintahan, industri jasa keuangan, transportasi, manufaktur, hingga penyedia layanan internet. Kami juga siap mendukung pemasaran solusi-solusi Huawei terbaru, seperti Huawei IdeaHub dan Huawei FusionServer Pro6 yang diperkuat konfigurasi prosesor Intel generasi terbaru,” ungkap Ichsan.
Jason Zhang, Director of Cloud & AI BG Huawei Indonesia mengatakan, “Huawei sejak awal percaya bahwa transformasi digital merupakan kebijakan tepat bagi seluruh ekosistem, termasuk ekosistem bisnis, agar mampu beradaptasi dengan tantangan terkini akibat pandemi maupun disrupsi digital, dan mampu untuk terus melangsungkan bisnis serta inovasinya. Di Indonesia, kami memerlukan kerja sama yang erat dengan para mitra yang memiliki pemahaman mendalam terhadap tantangan serta kebutuhan lokal, dan memiliki jangkauan layanan yang luas. Salah satu mitra tepercaya kami untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia adalah INTIKOM.”
Bersama dengan INTIKOM dan mitra-mitra lainnya, Huawei berkomitmen untuk menghadirkan teknologi terdepannya guna mendukung percepatan transformasi digital di semua sektor dengan menciptakan nilai-nilai baru dan mengantisipasi tren utama dalam transformasi digital. Jason menjelaskan, dari perspektif infrastruktur TIK, ada 3 (tiga) tren utama dalam transformasi digital: Cloud & AI, Pusat Data, dan Jaringan.
Transformasi digital di cloud adalah fondasi untuk dunia bisnis di mana platform cloud memungkinkan pengembangan aplikasi yang gesit. Solusi ini memungkinkan bisnis perusahaan untuk mengukur infrastruktur sesuai kebutuhan untuk mendukung perubahan prioritas bisnis, sekaligus mengurangi risiko sumber daya TIK yang tidak diberdayakan secara optimal.
INTIKOM juga bekerja sama dengan Huawei dalam upayanya mengembangkan Kecerdasan Artifisial (AI) dalam rangka memenuhi arah kebijakan nasional yang bertujuan menjadikan Indonesia lebih kompetitif di tingkat global baik untuk pemerintahan, kesehatan, pendidikan, ketahanan pangan dan smart city, terutama dalam penanganan pandemi COVID-19.
Transformasi digital di pusat data didukung dengan teknologi masa depan seperti Software Defined Network dan dikombinasikan dengan server komputasi AI dan penyimpanan all flash yang dapat memberikan manfaat bisnis berupa pengurangan TCO dan kelincahan TI yang lebih besar. Dari kerja sama dengan INTIKOM, solusi Huawei untuk mendukung transformasi digital di Pusat Data telah diimplentasikan di beberapa industri seperti penyedia listrik, manufaktur dan perbankan.

Archives

Categories